Training of Trainer atau yang disingkat dengan TOT adalah sebuah kegiatan pelatihan bagi para panitia dan KS OKK agar setiap panitia mampu mengerti setiap tujuan dari kegiatan OKK sehingga mampu menjalankan semua instruksi dalam membimbing para mahasiswa baru atau KY nantinya.

TOT 2011 diadakan pada tanggal 16 Juli 2001 – 17 Juli 2011 yang bertempat di YPPI Trawas. Di sana para panitia dan KS OKK 2011 diarahkan tentang nilai – nilai yang diterapkan oleh STIKOM Surabaya, yaitu The Winner dan 5 budaya STIKOM atau yang disingkat dengan SATE TOMIS ( Salam, Terima Kasih, Tolong, Maaf dan Permisi ), serta JUPE DATANG ( Jujur, Peduli, Cerdas, Tangguh )

Pada kegiatan TOT ini, seluruh peserta diwajibkan untuk mengamalkan nilai – nilai yang tertera di atas, terlebih JUPE DATANG. Karena pada setiap diri peserta TOT harus memiliki nilai tersebut yang bersanding dengan jiwa kepemimpinan tiap peserta.

Kejujuran adalah nilai yang tidak boleh untuk ditinggalkan oleh setiap peserta. Baik jujur pada rekan kelompok maupun kepada setiap panitia dan dosen yang mengarahkan kegiatan TOT tersebut. Hal ini ditanamkan pada game kelapa kepala, yang dimana setiap kelompok dituntut untuk jujur kepada panitia, karena secara diam – diam panitia tidak melihat setiap kegiatan yang dilakukan oleh kelompok peserta dalam game tersebut. Dengan kejujuran, peserta mampu menjalani tanggung jawabnya dengan maksimal karena tanpa kejujuran, peserta akan selalu diliputi perasaan gelisah karena tidak jujur.

Peduli adalah nilai yang tidak kalah pentingnya dengan kejujuran. Karena dengan peduli, peserta mampu dengan peka melihat sekitarnya dengan lebih baik dan mampu memberikan pertolongan bagi orang lain. Hal ini diterapkan pada kegiatan “Menyongsong Fajar” dimana setiap peserta dalam kelompok melakukan lintas alam dengan medan yang cukup berbahaya. Dan pada kegiatan ini peserta dituntut untuk lebih peduli terhadap rekan satu kelompoknya, karena tidak hanya memperhatikan langkahnya sendiri tetapi juga memperhatikan rekannya sehingga rekannya tidak jatuh terperosok dan menderita luka.

Cerdas adalah nilai yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu menyelesaikan masalah. Nilai ini diterapkan pada game di awal kegiatan TOT pada saat peserta baru tiba di tempat training. Pada kegiatan ini peserta diberi soal teka teki dengan susunan beberapa tongkat, dimana setiap peserta dalam kelompok wajib menyelesaikan teka – teki tersebut. Tanpa kecerdasan, peserta tidak mampu menyelesaikan game ini, selain itu, peserta dituntut berpikir “out of the box” sehingga dalam setiap masalah, peserta mampu menyelesaikannya karena terbiasa berpikir dengan cerdas.

Tangguh adalah nilai yang ditanamkan sejak awal kegiatan TOT berlangsung. Setiap peserta diwajibkan untuk memiliki nilai ini, karena tanpa nilai ini peserta akan mudah menyerah dan mundur dari setiap kegiatan yang berlangsung. Dengan sifat tangguh, peserta akan mampu bekerja keras untuk menyelesaikan setiap tugas dengan baik walaupun terlihat mustahil bagi peserta.

Dengan ke-empat nilai tersebut, peserta diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin yang baik sehingga pada kegiatan OKK STIKOM 2011 nanti, setiap peserta dapat bekerja dengan baik karena mampu mengamalkan ke-empat nilai tersebut.